Buku Manajemen Pengetahuan: Teori dan Praktik ditulis sebagai respon dari fakta dan permasalahan yang terjadi seperti globalisasi bisnis, perampingan organisasi, dan perkembangan teknologi yang merupakan faktor pendorong perkembangan manajemen pengetahuan. Bagi perusahaan, manajemen pengetahuan dapat menjadi jalan keluar atas tantangan dan permasalahan yang dihadapi dan menjadi keunggulan bersaing perusahaan. Dalam tataran literatur, buku ini memberikan jawaban dari kekurangan bahan bacaan manajemen Pengetahuan khususnya yang berbahasa Indonesia. Buku ini dirancang sebagai buku pembelajaran terutama bagi para mahasiswa, baik yang sedang mengambil program studi manajemen maupun yang mendalami manajemen pengetahuan serta para pengajar. Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan pengajar, para praktisi yang mempunyai problematika di lapangan yang berkaitan dengan manajemen pengetahuan pun dapat membaca sebagai bahan referensi. Buku ini dibagi menjadi delapan pokok bahasan dengan alur yang runtut. Pada awal bagian buku memaparkan mengenai pentingnya pengetahuan bagi keberlangsungan hidup suatu organisasi sehingga muncul konsep manajemen pengetahuan sehingga menjadi dasar teori dan fakta. Kemudian, diikuti dengan pembahasan definisi dan siklus manajemen pengetahuan; karakteristik, tipologi, dan domain pengetahuan; proses pengkapturan atau penciptaan pengetahuan beserta metode-metodenya; proses berbagi dan transfer pengetahuan; komunitas praktik (community of practices); aplikasi dan kunci sukses implementasi; dan terakhir menyajikan perangkat dan pengukuran manajemen pengetahuan. Buku ini tidak hanya menyajikan teori tetapi juga dilengkapi dengan fakta, contoh permasalahan di lapangan dan solusi permasalahan. Buku ini pun dilengkapi dengan soal latihan bagi mahasiswa untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.